Pengertian Sertifikat Hak Milik

Pasal 19 ayat (2) huruf c UU Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA) menguraikan bahwa pendaftaran tanah diakhiri dengan pemberian surat-surat tanda bukti hak berupa sertifikat yang berlaku sebagai alat pembuktian yang kuat. Pasal 4 ayat (1) juncto Pasal 3 huruf a PP Pendaftaran Tanah menentukan bahawa untuk memberikan kepastian dan pelindungan hukum kepada pemegang ha katas suatau bidang tanah, satuan rumah dan hak-hak lain yang terdaftar agar dengan mudah dapat membuktikan dirinya sebagai pemegang sah atas hak yang bersangkutan dan diberikan sertifikat hak tanah. Pengertian sertifikat menurut Pasal 1 angka 20 PP Pendaftaran Tanah adalah surat tanda bukti hak sebagaimana dimaksud dalam Pasal 19 ayat (2) huruf c UUPA ha katas tanah, hak pengelolaan, tanah wakaf, hak milik atas satuan rumah susun dan hak tanggungan yang masing-masing sudah dibukukan dalam buku tanah yang bersangkutan.

Pengertian Sertifikat Hak Milik

Pengertian Sertifikat Hak Milik bisa juga diartikan sebagai sertifikat yang pemiliknya memiliki hak penuh atas kepemilikan tanah pada kawasan tertentu dengan luas yang telah disebutkan dalam sertifikat. Berbeda dengan Sertifikat Hak Guna Bangunan yang memiliki batas waktu tertentu, Sertifikat Hak Milik tidak ada batas waktu kepemilikan. Sertifikat ini dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional.

Baca Juga : Hak Guna Bangunan yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Properti

Pengertian Sertifikat Hak milik adalah kepemilikan rumah yang paling kuat dan penuh dan dapat dialihkan (dijual, dihibah atau diwariskan) secara turun temurun. Sertifikat Hak Milik (SHM) sering disebut juga sertifikat yang paling kuat karena pihak lain tidak bisa campur tangan atas kepemilikan tanah atau lahan tersebut. Tanah yang mempunyai SHM hanya boleh dimiliki oleh warga negara Indonesia (WNI). Warna Negara Asing (WNA) atau berkebangsaan selain Indonesia tidak dapat memiliki tanah dengan sertifikat SHM. Jika terjadi suatu masalah dengan tanah yang dengan sertifikat SHM, maka pemilik (nama yang tertulis pada sertifikat) adalah pihak yang dianggap sebagai pemilik sah berdasarkan hukum. Tentu saja jika melihat karakteristiknya, tanah dengan sertifikat SHM adalah tanah dengan nilai yang paling tinggi. Jika Anda berinvestasi properti, tanah atau lahan dengan SHM akan memiliki nilai yang tinggi.

Keuntungan Memiliki Properti, Tanah atau Lahan dengan Sertifikat SHM:

  • Dapat diwariskan secara turun temurun.
  • Sertifikat yang paling kuat dan penuh.
  • Hak milik dapat diperjual belikan.
  • Hak milik dapat dijadikan agunan untuk kredit.
  • Tidak ada batas waktu.

Status hak milik dapat hilang jika tanah jatuh kepada negara, pencabutan hak, penyerahan dengan sukarela oleh pemilik, ditelantarkan, pewarisan tanpa wasiat kepada orang asing (bukan WNI) dan tanah musnah.

Jika Anda berencana untuk membeli properti, maka kelengkapan dokumen adalah salah satu hal sangat penting yang harus diperhatikan. Dari sekian banyak dokumen yang terpenting adalah sertifikat properti, Anda juga harus paham dan mengerti dari pengertian sertifikat hak milik. Jika sudah ada sertifikatnya, Anda masih harus mengetahui jenis sertifikat yang dimilikinya. SHM (Sertifikat Hak Milik) dan SGHB (Sertifikat Hak Guna Bangunan) adalah jenis sertifikat properti. Untuk mengetahui perbedaan antara pengertian sertifikat hak milik dengan hak guna bangun Anda bisa melihat berdasarkan Undang – undang Nomor 5 Tahun 1960.

SHM juga dapat digunakan sebagai senjata atau bukti kuat dalam transaksi jual-beli hingga penjaminan kredit dan pembiayaan perbankan. Status Hak Milik (HM) bangunan, properti dan lahan yang dapat dibuktikan oleh Sertifikat Hak Milik sebenarnya masih bisa dicabut atau hilang karena tanah yang bersangkutan sehubungan dengan adanya kepentingan negara.

Apartemen Pacific Garden Style dan Pacific Garden Suits dari PT. Indopasifik Indahtama mempunyai Sertifikat Hak Milik (SHM) yang jelas dan terdaftar sesuai peraturan pemerintah dan undang-undang yang berlaku. Tidak perlu khawatir untuk urusan kelengkapan dokumen karena PT. Indopasifik Indahtama sebagai pengembang dari apartemen Pacific Garden Style dan Pacific Garden Suits memberikan segala yang diperlukan dalam memiliki suatu properti.

Pentingnya Sertifikat Hak Milik Sebagai Status Kepemilikan

Related posts:

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *