tips menata ruang kerja di rumah

Tak dipungkiri setiap pekerjaan ada saja yang tidak bisa diselesaikan sesuai waktu yang ditetapkan. Jika sudah begitu mau tidak mau terkadang ada pekerja yang menyelesaikan tugas yang belum terselesaikan di luar jam kerja baik itu di kantor maupun membawa pekerjaan hingga ke rumah. Bagi  sebagian orang ada yang suka membawa pekerjaan hingga ke rumah, khususnya seorang yang sudah berkeluarga akan lebih memilih untuk menyelesaikannya di rumah.

Tips Menata Ruang Kerja di Rumah Anda

Maka dari itu, keberadaan ruang kerja di dalam rumah dibutuhkan untuk menyelesaikan segala tugas kantor yang belum terselesaikan pada jam kerja. Ruang kerja di rumah harus ditata semenarik mungkin, rapi, dan nyaman dari ruang kerja di kantor supaya tugas bisa terselesaikan dengan baik. Nah, berikut ini sejumlah tips menata ruang kerja di rumah yang sebelumnya tampak biasa saja menjadi ruang kerja yang istimewa dan menciptakan suasana nyaman.

Letak Ruang Kerja

Tips menata ruang kerja di rumah  yang pertama, sebelum memiliki ruang kerja sendiri, biasanya Anda mengerjakan pekerjaan di rumah di tempat tidur, ruang keluarga, atau bahkan ruang makan. Bekerja pada ruangan tersebut sebenarnya menyulitkan Anda untuk berkonsentrasi  dan bisa mengakibatkan pekerjaan tidak selesai dengan baik. Selain itu, hal itu bisa  mengganggu anggota keluarga lain yang memerlukan ruangan tersebut. Maka, sebaiknya Anda membuat ruangan khusus untuk bekerja.

Bila di rumah Anda  memiliki ruang kosong yang tidak terpakai atau kamar tidur yang belum digunakan, Anda bisa memanfaatkannya untuk dijadikan ruang kerja. Perlu diketahui ruangan yang dibutuhkan untuk bekerja tidak perlu terlalu besar, yang terpenting cukup untuk meletakkan meja dan kursi. Bisa juga memanfaatkan area di bawah tangga untuk dijadikan ruang kerja yang cukup nyaman. Bila ruangan yang tersedia cukup besar, Anda bisa menambahkan rak dan buku-buku serta berbagai hiasan yang sesuai dengan karakter Anda sehingga membuat Anda merasa nyaman.

Peralatan Kerja

Meja dan kursi adalah peralatan kerja yang wajib ada di ruang kerja. Namun tak hanya itu, perlu juga peralatan penunjang kerja seperti komputer, telepon, buku-buku, rak buku, tempat penyimpanan filing, dan dekorasi untuk mempercantik ruangan. Ukuran peralatan kerja harus diperhatikan dengan menyesuaikan ukuran ruangan. Bila ruangan tidak terlalu besar, sesuaikan dengan ukuran meja dan kursi yang akan dipakai. Anda bisa menggunakan furnitur yang didesain sendiri daripada membeli furnitur yang sudah jadi guna memaksimalkan fungsi peralatan ruang kerja. Anda bisa juga menggunakan furnitur multi fungsi, seperti kursi tunggu yang bisa dijadikan media penyimpanan. Selain menyesuaikan dengan ukuran, pemilihan peralatan kerja harus memenuhi kenyamanan dan keselamatan penggunanya. Misalnya dengan memilih kursi kerja yang tidak terlalu keras, tidak terlalu empuk, dan tidak menyebabkan sakit pinggang.

Sirkulasi

Dalam tips menata ruang kerja di rumah juga menyarankan ruangan kerja harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Sirkulasi udara penting agar ruangan menjadi nyaman untuk bekerja. Sebaiknya ruangan memiliki bukaan dan ventilasi yang baik. Dan bila perlu bisa dipasang penyejuk udara (AC). Anda harus memastikan kapasitas AC sesuai dengan ukuran ruangan. Selain itu, penting juga memperhatikan sirkulasi orang. Bila ada karyawan, sebaiknya pintu masuk ruang kerja berbeda dengan pintu masuk rumah. Ruangan kerja juga sebaiknya bisa diakses langsung dari teras rumah, sehingga Anda tak perlu masuk dulu ke dalam rumah.

Baca Juga : Tingkatkan Keamanan dengan 9 Perangkat Pengaman Rumah Ini

Peletakan Peralatan Kerja

Tips menata ruang kerja di rumah yang terakhir yakni mengatur peletakan peralatan kerja. Posisi untuk meletakkan peralatan kerja berpengaruh dalam menciptakan kenyamanan bekerja dan sirkulasi orang. Sebaiknya rencanakan di mana peralatan akan diletakkan supaya tidak mengganggu aktivitas atau sirkulasi orang. Jangan lupa memperhatikan kenyamanan. Seperti tidak meletakkan komputer, membelakangi jendela karena akan menyilaukan saat Anda melihat layar komputer. Sebenarnya posisi yang paling baik adalah komputer diletakkan di samping jendela.

Demikianlah tips menata ruang kerja di rumah yang diberikan Indopasifik. Dengan mendesain ruang kerja secara tepat, maka bekerja di rumah akan terasa nyaman tanpa harus mengganggu dan terganggu dengan anggota keluarga lainnya.  Bila ruangan kerja nyaman, bekerja dari rumah bisa membuat hasil pekerjaan lebih baik dan maksimal.

Yuk Produktif dengan Menata Ruang Kerja di Rumah Seperti Ini

Related posts:

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *