dekorasi kamar anak

Ketika anak sudah beranjak besar, kebanyakan orang tua memisahkan anak mereka untuk tidur sendiri pada usia-usia tertentu. Hal ini perlu dilakukan untuk mengajarkan kepada anak tentang kemandirian. Dengan anak tidur sendiri, orang tua mengajarkan keberanian dan tanggung jawab walaupun terkadang Anda sebagai orang tua masih memegang kendali terhadap kerapihan barang-barang di kamar anak Anda.

Kendati banyak pelajaran yang bisa diambil oleh sang anak, keputusan orang tua untuk memisahkan kamar anak tidak selalu disetujui oleh anak. Ada sebagian anak yang enggan atau menolak karena beberapa alasan. Salah satunya adalah takut. Jika sudah begitu, sebagai orang tua Anda harus mencari cara supaya rencana Anda berhasil. Salah satu cara yang bisa Anda pilih yakni melakukan dekorasi kamar anak agar anak Anda merasa nyaman dan betah di kamar barunya.

Perhatikan 4 hal di bawah ini sebelum menentukan dekorasi kamar anak.

1. Menentukan Tema

Sebagai orang tua, sudah seharusnya Anda mengetahui kesukaan, hobi, atau obsesi anak. Misalnya saja olahraga, kartun, superhero, atau Disney. Dengan begitu, orang tua bisa menentukan dekorasi kamar anak sesuai dengan tema yang disukai anak. Tentukan furniture, bed cover, sarung bantal, dan juga guling. Untuk memberikan kesan pada anak, Anda bisa memberikan kejutan berupa dekorasi kamar anak yang sesuai dengan kesukaannya. Anak Anda pasti akan sangat senang dan mengingatnya hingga dewasa.

Baca Juga : Tips Menata Dapur Sesuai Feng Shui

2. Jadikan Kamar Anak Adalah Cerminan Kepribadian Dirinya

Sebelum benar-benar melakukan dekorasi kamar anak, Anda perlu memastikan anak sudah yakin terhadap tema yang ia pilih. Jangan lupa untuk melibatkan anak Anda dalam mendekorasi kamarnya. Dengan begitu, anak Anda akan merasa dilibatkan dan memiliki kebanggaan sendiri. Berikan anak Anda kesempatan untuk mengatur tata letak barang-barang di kamar atau bahkan menghias atau melukis salah satu dinding kamar dengan kreasi tangannya sendiri. Hal ini perlu dilakukan karena kamar anak bisa menjadi simbol dari kepribadian mereka. Berikan mereka ‘ruang’ untuk mengekspresikan kreativitasnya.

3. Perhatikan Pencahayaan

Dalam menentukan dekorasi kamar anak, Anda perlu juga untuk memilih lampu yang tepat. Pemilihannya bukan hanya dari sisi terangnya, tapi juga bentuk lampu. Kini banyak sekali lampu-lampu tidur yang berdesain unik dijual di pasaran. Anda bisa membeli lampu tidur yang sesuai dengan tema kamar anak. Selain itu, Anda perlu juga memperhatikan pencahayaan alami yang datangnya dari sinar matahari. Jangan sampai kamar anak Anda tidak memperoleh asupan sinar matahari.

4. Berikan Hiasan Poster dan Lukisan

Dalam melakukan dekorasi kamar anak Anda bisa memberikan hiasan berupa poster yang sesuai dengan gaya anak Anda. Selain itu, Anda bisa juga menambahkan unsur seni di dalamnya. Pada umumnya poster hanya di pajang atau ditempel langsung pada dinding kamar. Namun, Anda bisa mengaplikasikan cara yang berbeda dengan menggantung poster di atap atau membingkainya. Sebagai tambahan, Anda bisa juga memajang foto-foto anak dan orang tua saat masih bayi. Bila hal ini dilakukan, bisa membuat mereka merasa dicintai oleh keluarga.

Itu dia 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk mendekorasi kamar anak dari Pacific Garden Style . Perlu dingat dalam menentukan dekorasi kamar anak, penting sekali melibatkan partisipasi buah hati Anda, agar tidak ada kesalahpahaman saat kamar selesai di dekor dan mengajarkan anak untuk berani berpendapat serta mengambil keputusan penting untuk dirinya. Selamat mendekor bersama buah hati tercinta Anda.

Yuk Libatkan Anak dalam Mendekor Kamarnya dengan 4 Cara Ini

Related posts:

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *