tips memilih wallpaper untuk ruang tamu

Tak ada salahnya untuk merubah tampilan ruang tamu supaya terlihat berbeda  dan mendapatkan suasana baru untuk hunian Anda. Mengubah tampilan ruang tamu bukan  hanya dengan mengubah sofa atau furnitur yang dipakai saja. Ada cara lain yang bisa Anda pilih yakni dengan memasangkan wallpaper dinding untuk ruang tamu Anda. Dengan memasang wallpaper, Anda bisa lebih berhemat, daripada harus membeli perabotan atau furnitur baru untuk mengubah tampilan ruang tamu Anda. Selain mengubah tampilan, wallpaper juga bisa mengubah suasana ruangan yang tadinya terlihat usang, retro, atau pengap menjadi lebih menarik.

Tips Memilih Wallpaper Untuk Ruang Tamu

Bila dinding Anda terdapat retakan-retakan yang bisa merusak keindahan ruang tamu Anda, jangan khawatir, Anda bisa juga menyiasati retakan-retakan tersebut dengan pemasangan wallpaper untuk membantu Anda menutupi retakan-retakan pada dinding atau tembok ruang tamu. Salah satu keuntungan memasang wallpaper yakni lebih mudah daripada Anda harus menambal retakan tersebut dan mengecatnya. Namun sebelum memilih wallpaper dinding untuk ruang tamu, ada beberapa tips memilih wallpaper yang perlu dicermati.

Bagi Anda yang ingin memasang wallpaper untuk ruang tamu, berikut ini tips memilih wallpaper untuk ruang tamu yang perlu Anda ketahui.

Bahan

Tips memilih wallpaper untuk ruang tamu yang pertama adalah memilih bahan. Sebaiknya pilihlah bahan yang sesuai dengan rumah Anda. Ada banyak ragam bahan wallpaper dinding ruang tamu dipasaran diantaranya yakni wallpaper bahan foil, textile, dan vinyl.

Untuk wallpaper berbahan foil dan textile sebenarnya sangat sulit untuk dibersihkan. Sebaiknya Anda menggunakan wallpaper dari berbahan vinyl, terlebih jika Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan di rumah. Selain itu keuntungan wallpaper berbahan vinyl juga mudah dibersihkan dan memiliki daya tahan tinggi terhadap udara lembap.

Motif

Apakah ruang tamu rumah Anda memiliki desain modern? Atau justru Anda ingin ruang tamu di rumah terlihat lebih modern? Anda bisa menggunakan wallpaper yang terlihat menonjol dan memiliki pola geometris atau memiliki desain motif yang besar. Wallpaper yang sering digunakan pada ruang minimalis modern tamu yakni motif ranting, pohon, dan bunga. motif-motif wallpaper seperti ini sebenarnya menyeimbangkan garis tebal dengan aksen metalik dan skema warna monokromatik. Sementara, wallpaper yang memiliki motif besar sangat baik untuk Anda gunakan pada ruang tamu yang mempunyai lahan luas. Motif ini juga tak menjadi masalah, jika Anda mempunyai ruang tamu yang kecil.

Baca Juga : Contek 5 Warna Cat Tembok Kamar Tidur yang Bisa Anda Ikuti

Warna

Tips memilih wallpaper untuk ruang tamu yang terakhir adalah dengan memperhatikan warna. Untuk warna sendiri, bila ruang tamu Anda posisinya tidak memungkinkan untuk mendapatkan banyak cahaya matahari saat siang hari, sebaiknya Anda pilih warna wallpaper yang cerah dan hangat. Sesuaikanlah warna  wallpaper yang dipilih dengan warna furnitur yang digunakan. Bila Anda tidak mendapatkan warna yang cocok dengan warna furnitur, Anda bisa menggunakan warna-warna yang bersifat netral seperti, warna krem atau cokelat. Bila Anda hanya ingin memasang wallpaper sebagai pemanis ruang tamu, Anda bisa memilih warna dan motif yang lebih berani.

Itu dia beberapa tips memilih wallpaper untuk ruang tamu yang perlu Anda tahu dan bisa Anda aplikasikan pada hunian Anda. Semoga tips dari Indopasifik di atas bermanfaat untuk membuat ruang tamu Anda nyaman dan semakin menarik.

Percantik Ruang Tamu Anda dengan 3 Tips Memilih Wallpaper Ini

Related posts:

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *