cara memasang wallpaper

Wallpaper dinding adalah hiasan  dalam bentuk kertas dinding yang memiliki beragam motif dan warna. Wallpaper dinding banyak diminati karena bisa dimanfaatkan untuk merubah suasana ruangan pada saat renovasi dilakukan. Selain pengerjaannya cepat dan tidak terlalu sulit, pengaplikasian wallpaper dinding tidak menimbulkan bau apapun. Sehingga pada saat pemasangan wallpaper dinding selesai dikerjakan, ruangan bisa langsung dinikmati. Berikut ini cara memasang wallpaper yang bisa Anda lakukan sendiri untuk mempercantik hiasan rumah Anda.

Cara Memasang Wallpaper dengan Baik

Persiapan Peralatan

  • Tangga
  • Alas Plastik
  • Cutter
  • Pensil
  • Penggaris
  • Meteran
  • Benang dan Pemberat
  • Bak/Ember Adukan Lem 2 buah ( 1 besar dan 1 kecil )
  • Spons
  • Kuas Lem
  • Roller
  • Kape
  • Mica/Acrylic
  • Wallpaper Dinding Yang akan Dipasang

Periksa Dinding

Sebelum memasang wallpaper dinding, ada baiknya Anda memeriksa dinding yang akan dipasang untuk memastikan apakah ada kebocoran atau  rembesan air atau tidak.  Jika ada, maka Anda harus terlebih dulu membereskan kebocoran tersebut. Anda bisa menggunakan cat anti bocor untuk melapisi dinding sebelum menempel wallpaper dinding. Hal ini karena wallpaper dinding tidak akan awet jika tembok yang dipasangi wallpaper lembab dan bocor. Lalu bila tembok  yang  akan dpasangi jamuran, Anda harus melakukan pengecatan anti jamur terlebih dahulu untuk mencegah jamur tidak menyebar pada wallpaper dinding.

Membuat Lem Wallpaper dengan Benar

Cara memasang wallpaper selanjutnya mempersiapkan lem wallpaper. Ambilah wadah pertama yang berukuran besar. Beri sedikit air secukupnya tergantung berapa banyak  wallpaper yang dipasang. Anda bisa mencoba 3 – 5 liter terlebih dahulu. Harap jangan menggunakan air panas. Taburkanlah bubuk lem secara perlahan dengan kondisi air yang sedang diaduk dengan cepat. Jika sudah mengental dan terasa berat, diamkan selama kurang lebih 10 menit.

Kemudian ambil wadah yang lebih kecil, lalu campurkan dengan air secukupnya. Taburkan bubuk lem dan buatlah lem yang lebih kental. Kegunaan dari lem yang sangat kental ini untuk dipakai pada sisi-sisi dinding dan pada sambungan agar wallpaper lebih tahan lama.

Ukur Bidang yang Akan Dipasang Wallpaper

Langkah selanjutnya yakni mengukur bidang dinding yang akan dipasang wallpaper. Cara memasang wallpaper dengan menghitung lebar X tinggi bidang yang akan dipasang. Kemudian  sesuaikan dengan lebar wallpaper dinding yang akan dipasang.

Pemotongan Wallpaper Dinding

Potonglah wallpaper sesuai tinggi dinding Anda. Jangan lupa lebihkan 5 – 10 cm. Misalkan tinggi dinding Anda 3 meter. Maka potonglah sekitar 3.1 meter. Kelebihan ini nantinya bisa Anda potong secara rapi dengan cutter.

Atur Posisinya Terlebih Dahulu

Cara memasang wallpaper sebaiknya menggunakan benang yang diberi pemberat untuk menandakan posisi jalur wallpaper supaya tegak lurus dan rapi ketika dipasang. Anda bisa menandai dengan pensil pada setiap jalur wallpaper yang Anda buat. Hal ini berguna  supaya wallpaper tegak lurus pada posisinya ketika pemasangan berlangsung. Karena jika pada jalur pertama Anda memasangnya miring maka jalur seterusnya pun akan miring mengikuti jalur yang sebelumnya.

Baca Juga : Yuk Coba Rasakan 7 Keuntungan Liburan di Apartemen

Meratakan Lem pada Wallpaper yang Akan di Tempel

Ambil lem wallpaper di ember pertama yang Anda buat tadi. Kemudian letakan alas plastik di bawah wallpaper yang sudah Anda potong-potong. Pakailah roller dan ratakan lem wallpaper pada wallpaper yang akan ditempel. Lakukan langkah ini perlahan hingga lem wallpaper meresap penuh pada wallpaper yang akan Anda tempelkan di dinding.

Menempelkan Wallpaper pada Dinding

Tempellah wallpaper pada dinding secara perlahan sambil diratakan menggunakan mika atau acrylic untuk meratakan wallpaper pada saat pemasangan dilakukan. Ikutilah  tanda yang sebelumnya Anda buat dengan pensil.

Menempelkan Sambungan Wallpaper Dinding

Cara memasang wallpaper selanjutnya ambil lem wallpaper pada ember  yang kedua. Aplikasikan lem ini pada sambungan wallpaper. Ratakan sisi bagian kiri dan sisi bagian kanan sampai sambungan tertutup dan tidak terlihat.

Pengecekan dan Pengelapan Sisa Lem Wallpaper

Cek sambungan dan bagian sudut dinding, Anda harus memastikan semuanya rapi dan mengikuti jalur. Jika sudah, ambil spons/busa, lalu basahkan dengan air, kemudian lap seluruh permukaan wallpaper dinding untuk membersihkan bila ada lem wallpaper yang mengering di permukaan wallpaper dinding.

Nah, cukup mudah bukan untuk mempraktikkan cara memasang wallpaper dari Indopasifik? Sekarang  ayo praktikkan cara di atas untuk membuat suasana baru pada dinding hunian Anda. Selamat mencoba ya!

Catat! 10 Cara Memasang Wallpaper untuk Hunian Anda

Related posts:

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *