Tips pencahayaan ruangan

Setiap ruangan pada apartemen, pasti membutuhkan pencahayaan ruangan yang berbeda. Hal ini karena kegiatan dan kesan yang ingin ditampilkan di ruang-ruang apartemen juga berbeda-beda. Maka dari itu, penting untuk mengatur desain sistem pencahayaan dengan memperhatikan kegiatan dan kebutuhan suasana yang hendak dibangun serta karakter ruang apartemen.

Seperti apa tips pencahayaan ruangan di apartemen yang baik? Berikut ini ulasannya.

1. Pencahayaan di Ruang Keluarga

Berbagai macam kegiatan yang bisa Anda lakukan di ruang keluarga bersama-sama dengan anggota keluarga. Maka dari itu perlu mengatur sistem pencahayaan ruangan yang merata. Bila Anda berkeinginan menambah kesan atau suasana tertentu, Anda bisa menambahkan sistem pencahayaan yang tidak langsung. Tips pencahayaan ruangan yang juga tak kalah penting untuk mempercantik ruang keluarga Anda adalah dengan memperkuat kesan visual pada obyek-obyek di ruang keluarga seperti menambah lampu sorot dan benda seni atau aksesoris. Sementara tempat khusus seperti area baca, bisa ditambahkan pula lampu baca di atas meja.

2. Pencahayaan di Ruang Makan

Tips pencahayaan ruangan di ruang makan sebaiknya memfokuskan pada area meja makan. Pengaturan seperti ini bukan hanya menerangi hidangan yang tersedia di meja makan, tapi bisa memberikan kesan yang kuat pada ruang makan. Tips selanjutnya juga perlu memperhatikan warna dinding ruang makan. Sebaiknya pakailah warna-warna yang terang atau cerah supaya cahaya yang datang tidak terserap oleh dinding, tapi terpantulkan dengan baik ke segala arah di ruang makan.

Baca Juga : 4 Tips Memilih Furniture Ruang Kerja yang Nyaman Saat Bekerja

3. Pencahayaan Ruang di Dapur

Pada ruangan dapur, sangat memerlukan sistem pencahayaan yang kuat untuk kegiatan memasak. Tapi disarankan jangan terlalu silau, karena dapat merusak mood Anda dalam memasak makanan. Tips pencahayaan ruangan untuk dapur juga perlu menempatkan lampu di langit-langit lemari. Dengan begitu, bila Anda sedang mengambil makanan yang ada di lemari bisa lebih mudah.

4. Pencahayaan di Kamar Tidur

Tips pencahayaan ruangan untuk kamar tidur diperlukan yang sejuk  tapi tetap terang. Misalnya menggunakan cahaya warna pink guna menciptakan suasana kamar tidur yang romantis bersama pasangan.

5. Pencahayaan di Kamar Mandi

Tips pencahayaan ruangan di kamar mandi adalah sinar lampu yang merata. Sinar tersebut harus memadai supaya Anda bisa beraktivitas di kamar mandi dengan mudah, aman, dan nyaman. Bila Anda menempatkan cermin di kamar mandi, Anda perlu memperhatikan posisi titik lampu supaya bisa memberikan penerangan yang baik ketika Anda bercermin. Jangan sampai ketika Anda sedang bercermin, bayangan Anda di cermin tidak terlihat dengan jelas karena Anda membelakangi sumber cahaya ketika bercermin.

Itu dia beberapa tips pencahayaan ruangan di apartemen yang bisa Anda aplikasikan. Semoga tips dari Pacific Garden Style  di atas bermanfaat untuk membuat apartemen Anda nyaman.

Begini Tips Pencahayaan Ruangan yang Benar

Related posts:

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *