tips menyiasati dapur sempit

Salah satu ruangan di apartemen yang cukup penting adalah dapur. Coba bayangkan apa yang bisa dilakukan bila dapur Anda sempit? Jika merenovasi dapur, pasti memerlukan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi, bila Anda menyewa apartemen, tidak semua apartemen  mengizinkan untuk dilakukan renovasi sesuai keinginan penghuninya.  Kendati demikian, Anda jangan berkecil hati. Masih ada beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk menyiasati dapur apartemen Anda yang kecil.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak tips menyiasati dapur sempit berikut ini.

1. Warna

Tips menyiasati dapur sempit yang pertama berbicara soal warna. Sebaiknya pilihlah warna-warna yang monokrom, bila Anda ingin mengaplikasikan beberapa warna dalam satu ruangan. Sebaiknya hindari warna-warna kontras, karena bisa membuat ruangan menjadi semakin sempit. Warna kitchen cabinet, counter top, backsplash, dinding, jangan sampai jauh berbeda. Warna-warna putih yang senada merupakan pilihan yang pas.

2. Pemilihan Furnishing dan Dekorasi

Benda apa yang Anda letakkan di dapur apartemen Anda memiliki peran penting dalam membentuk kesan ruangan ini. Sebaiknya pilihlah perabotan yang memberikan kesan lebih luas, seperti pecah belah dari bahan kaca transparan, meja-kursi berkaki logam yang ramping, dan  kitchen bar tanpa rak atas. Jika memilih kursi, sebaiknya pilihlah model stool. Tips menyiasati dapur sempit bisa dengan mengaplikasikan dekorasi ala abad pertengahan yang identik dengan furnitur ramping.

Baca Juga : Ternyata Berkebun di Apartemen Bisa Dilakukan dengan Tips Ini

3. Corak Memanjang

Bila ingin menambah corak pada dapur, sebaiknya pilih corak yang bisa  membuat ruangan terlihat lebih panjang. Salah satu pilihan corak lantai yang bisa Anda gunakan yaitu corak lantai yang disusun secara jajar genjang.  Corak garis-garis bisa juga diaplikasikan pada dinding atau lantai. Tips menyiasati dapur sempit ini bisa membuat dapur tidak lagi terlihat sumpek.

4. Berikan Ilusi dengan Rak

Sebaiknya gunakan rak transparan atau rak terbuka supaya dapur tidak terlihat penuh. Gunakanlah ambalan sebagai rak piring, gelas, atau perabot maupun bumbu dapur supaya dapur terlihat lebih luas.

5. Permukaan Mengkilap

Tips menyiasati dapur sempit agar terlihat luas dengan menciptakan pantulan refleksi. Untuk dapur, sebaiknya gunakan countertop yang mengkilap dan meja kaca acrylic.

6. Minim Dekorasi

Tips menyiasati dapur sempit yang satu ini tidak menghalangi Anda untuk mendapatkan dapur yang enak dilihat. Tapi mengurangi ornamen dekorasi pada dapur yang sempit akan membuatnya terlihat lebih bagus. Anda meletakkan perabotan atau peralatan dapur yang dibutuhkan, lalu Anda bisa menatanya dengan rapi. Sebaiknya pilih warna yang senada supaya ada kesatuan unsur pada dapur Anda.

7. Sesuaikan Jumlah dan Ukuran Peralatan Dapur

Bila memiliki dapur apartemen yang sempit, Anda harus menyesuaikan ukuran dan jumlah peralatan dapur seperti peralatan memasak atau peralatan makan-minum dengan luas dapur. Bila Anda hidup sendiri, sebaiknya jangan menggunakan penanak nasi (rice cooker) yang ukurannya besar.

8. Buatlah Dapur Terang

Upayakan dapur apartemen Anda bisa terkena sinar matahari dan berikan pencahayaan artifisial. Bila ruang dapur gelap, justru lebih lembab. Apalagi jika dapur apartemen sama sekali tidak terkena sinar matahari alami. Anda perlu juga memastikan permukaan meja dapur (countertop) tidak gelap.  Lalu Anda bisa memberikan lampu pada bagian bawah lemari dapur. Tentunya bila cara ini bisa dilakukan, maka kegiatan masak-memasak lebih mudah.

Bagaimana tips menyiasati dapur sempit di atas, mudah sekali bukan untuk diterapkan? Anda bisa mencoba mengikuti tips dari Pacific Garden Style  di atas untuk mendapatkan dapur apartemen yang lebih luas dan nyaman.

Yuk Buat Dapur Apartemen Lebih Luas dengan Cara Ini

Related posts:

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *