menata apartemen kecil

Untuk Anda yang tinggal di apartemen berukuran besar, pasti tidak perlu bersusah-susah memikirkan bagaimana menata pola dan kebutuhan ruang. Tapi bagi Anda yang tinggal di apartemen yang berukuran kecil, Anda harus memikirkan bagaimana cara menata apartemen agar Anda nyaman tinggal di hunian vertikal Anda. Menata apartemen kecil agar terkesan terlihat lebih besar dan fungsi ruangan terpenuhi bukan perkara mudah. Bagi Anda yang tidak tahu bagaimana caranya, ada baiknya Anda menyimak tips dibawah ini.

Berikut cara menata apartemen kecil.

1. Karpet untuk Lantai

Agar ruangan di apartemen Anda menjadi lebih hidup, Anda bisa memberikan karpet pada lantai ruangan apartemen Anda. Namun, hal ini tergantung pada warna karpet yang Anda pilih. Warna karpet bisa membedakan lega-sempitnya suatu ruang. Misalkan warna karpet yang muda bisa memberikan kesan luas pada ruangan.

2. Atur Permainan Cahaya

Cahaya yang temaram bisa membuat ruangan terasa hangat dan membuat pandangan orang saat masuk ke apartemen Anda melihat sekeliling ruangan. Hal ini tentu membuat ruangan serasa tidak sempit seperti aslinya. Hal ini berlaku pula pada pemakaian lampu-lampu sorot (spot lamp) yang dipasang pada plafon atau dinding yang  bisa memberikan daya tarik, atmosfir, dan nuansa ruang yang berbeda.

Baca Juga : Nyaman di Apartemen, Ikuti 7 Tips Menata Apartemen Berikut Ini

3. Pemasangan Gorden

Menata apartemen kecil bisa dari pemasangan gorden sampai ke langit-langit. Pemasangan gorden dengan cara ini bisa memberikan kesan ruang yang tinggi. Pilih pula motif gorden dengan motif garis-garis vertikal. Ruangan akan terlihat lebih luas.

4. Menggunakan Bahan Kaca/Cermin

Kaca atau cermin bisa memberikan kesan luas pada ruangan. Anda bisa memasangkan kaca atau cermin pada dinding, perabot, atau bukaan seperti jendela. Pemasangan kaca atau cermin pada dinding bisa membuat seolah-olah volume ruang menjadi lebih besar dua kali lipat. Karena ini sesuai dengan hukum pemantulan cahaya.

5. Isi Ruangan dengan Furnitur Berbentuk Asimetris atau Melengkung

Pada umumnya ruangan di apartemen bebrbentuk kotak dan kaku. Dengan Anda mengisi perabot yang berbentuk asimetris atau melengkung bisa digunakan untuk mencairkan suasana ruangan dan berkesan lebih santai.

6. Memesan Rak Gantung Sesuai Ukuran Ruang dan Kebutuhan

Anda bisa memesan rak gantung yang bisa Anda letakan di ruang yang sempit. Rak gantung tidak menempel pada lantai, melainkan pada dinding sehingga kesan lantai bisa tetap luas. Anda bisa juga menyimpan buku, vas cangkir, dan figura. Bahkan untuk rak gantung yang berukuran besar pakaian dan kebutuhan kamar  bisa juga Anda simpan di dalam rak tersebut.

7. Furnitur Berukuran Pendek

Untuk menata apartemen kecil Anda bisa memasukkan furnitur pendek seperti meja pendek, sofa pendek, dan bangku rendah. Furnitur ini bisa membuat ruang menjadi luas karena berkurangnya volume dari furnitur-furnitur tersebut, namun fungsinya tetap terpenuhi. Jangan memilih furnitur atau perabot yang besar, karena akan mempersempit ruang apartemen Anda. Sebaiknya gunakan perabot yang memiliki ukuran mungil. Bila Anda ingin menggunakan sofa besar, Anda bisa menggabungkan dengan kursi yang berkaki pajang dan ramping.

Demikianlah tips menata apartemen kecil dari Pacific Garden Style yang bisa Anda ikuti. Semoga bermanfaat!

Simak Cara Menata Apartemen Kecil Berikut Ini

Related posts:

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *