asuransi apartemen

Bagi sebagian orang yang memiliki apartemen, terkadang dilanda kehawatiran terhadap bahaya yang bisa menimpa rumah vertikalnya, misalnya gara-gara musibah bencana. Adanya musibah bencana tentu tidak bisa diprediksi kapan datangnya dan akan menimpa siapa. Jika sesuatu terjadi pada apartemen Anda, misalnya gedung rusak bahkan runtuh, tentunya Anda akan mengalami kerugian yang tidak sedikit.

Pentingnya Asuransi Apartemen

Sebagai langkah preventif, ada baiknya setiap pemilik apartemen mengansuransikan huniannya agar terhindar dari risiko yang akan terjadi. Bagi Anda yang masih enggan melindungi rumah flat dengan asuransi  apartemen karena masih ragu atau takut, ada baiknya baca dulu ulasan terkait pentingnya asuransi apartemen lewat artikel Pacific Garden Style di bawah ini.

Asuransi Apartemen Memproteksi Persoalan Hukum

Asuransi untuk apartemen begitu penting karena asuransi yang satu ini sangat bermanfaat bagi pemilik apartemen guna meng-cover pemilik apartemen terhadap permasalahan hukum, seandainya pemilik terkena masalah hukum atau kecelakaan. Tidak hanya itu, dengan memiliki asuransi ini pemilik apartemen bisa terbebas dari tanggung jawab jika mengalami kerusakan pada apartemen yang dimilikinya.

Asuransi Apartemen Memproteksi Terhadap Bencana Alam 

Indonesia sebagai negara yang rawan bencana, sudah seharusnya semua warga memproteksi rumah vertikalnya dengan asuransi untuk apartemen. Lewat asuransi untuk apartemen tentunya bisa diandalkan untuk melindungi apartemen terhadap musibah bencana alam yang mungkin saja terjadi seperti kebakaran, banjir, gempa, huru hara, atau bencana lain. Pemilik asuransi untuk apartemen akan mendapatkan ganti rugi berdasarkan finansial yang sesuai dengan asuransi yang dimilikinya.

Asuransi Apartemen Membantu Pasca Bencana

Satu lagi alasan Jjika terjadi bencana dan apartemen Anda mengalami kerusakan sehingga tak bisa ditempati, asuransi akan menyediakan dan menawarkan rumah sementara untuk bisa ditinggali dan memberikan biaya setelah musibah terjadi. Contoh biayannya adalah biaya pembersihan puing-puing bangunan, biaya arsitek, dan biaya surveyor atau arsitek yang membangun gedung kembali.

Sebenarnya asuransi untuk apartemen memiliki dasar hukum berdasarkan dua pasal yaitu pasal  70 Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1988 yang berbunyi “Perhimpunan Penghuni harus mengasuransikan rumah susun terhadap kebakaran.” dan Pasal 61 ayat (2) huruf b PP No. 4/ 1988 berbunyi: “Setiap penghuni berkewajiban,

  1. Mematuhi dan melaksanakan peraturan tata tertib dalam rumah susun dan lingkungannya sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga;
  2. Membayar iuran pengelolaan dan premi asuransi kebakaran;
  3. Memelihara rumah susun dan lingkungannya termasuk bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama.”

Dari pasal-pasal tersebut bisa diartikan jika perhimpunan penghuni di semua apartemen diharuskan atau diwajibkan untuk mengasuransikan apartemennya terhadap kebakaran yang biayanya berasal dari iuran pemilik unit strata title.

Bila Anda memang berniat untuk menyewakan apartemen, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, supaya Anda terhindar dari gugatan harus bertanggung jawab terhadap kerugian Anda sendiri atau kerugian orang lain yang terjadi akibat kerusakan apartemen.

Asuransi diri sendiri, asuransi apartemen yang cukup, dan asuransi bagi penyewa adalah asuransi yang berbeda tapi tetap harus diperhatikan. Beberapa hal yang akan di cover asuransi apartemen antara lain kerugian yang diakibatkan kebakaran, banjir,  badai, atau yang lainya. Gunanya agar Anda tidak harus dibebankan untuk bertanggung jawab terhadap kerugian orang lain (penyewa apartemen).

Baca Juga: Berikut 4 Biaya Bulanan Apartemen yang Harus Dikeluarkan

Bagaimana sudah tahukan alasan pentingnya mengansuransikan apartemen untuk ketenangan finansial Anda? Tak perlu ragu lagi, segeralah untuk memproteksi apartemen Anda dengan asuransi apartemen yang saat ini sudah banyak disediakan oleh perusahaan penyedia jasa asuransi yang pastinya memiliki keunggulan masing-masing sehingga Anda bisa memilih sesuai kebutuhan Anda. Semoga artikel dari Pacific Garden Style ini bermanfaat bagi pengambilan keputusan Anda.

Proteksi Hunian Vertikal Anda dengan Asuransi Apartemen

Related posts:

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *