pengertian apartemen

Dewasa ini, pilihan tempat tinggal juga tak hanya sebatas rumah biasa. Banyaknya unit apartemen yang ditawarkan bisa menjadi alternatif Anda dalam memilih hunian modern nan nyaman di tengah kota. Beberapa diantara apartemen-apartemen tersebut bahkan memberi Anda unit berikut isi perabotannya. Jumlah peminat apartemen di pertengahan tahun 2016 pun semakin meningkat, khususnya di kawasan Tangerang dan Bekasi.

Pengertian apartemen menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah tempat tinggal (yang terdiri atas kamar duduk, kamar tidur, kamar mandi, dapur, dsb) yang berada pada 1 lantai bangunan bertingkat. Biasanya apartemen juga dibangun dekat dengan kawasan perkantoran, bisnis, industri, sekolah, pusat perbelanjaan, pusat hiburan serta dekat dengan akses tol seperti Pacific Garden Style apartment.

Pengertian Apartemen Beserta Tipe-Tipenya

Selain berfasilitas lengkap, tipe-tipe unit apartemen juga memiliki ragam yang ditawarkan sesuai kemampuan masing-masing calon penghuni. Jika tipe studio tentu bagi Anda sudah tak asing, tapi pernahkah mendengar tipe apartemen loft atau junior 4? Lewat artikel berikut ini, Indopasifik akan membahas macam-macam tipe apartemen berserta pengertian apartemen yang dimaksud:

1. Loft

Sekilas tampilannya seperti loteng. Apartemen ini memiliki plafon yang tinggi karena ada tambahan ruang seperti area mezanine. Area yang setengah lantai inilah yang dinamakan loft dan cenderung digunakan sebagai kamar tidur. Tipe apartemen ini tengah hits di beberapa kota besar dunia karena dianggap memiliki sirkulasi udara yang baik—karena jendelanya yang besar.

 2. Studio

Tipe ini pasti paling sering Anda dengar. Biasanya luas apartemen ini tak lebih dari 18-20 meter persegi dan bagian dalamnya sudah mencakup kamar dan kamar mandi. Sekilas seperti kamar hotel sederhana.

3. Alcove

Luasnya hampir sama dengan studio yaitu sekitar 19 meter persegi. Namun, alcove berbentuk L, di mana bagian yang kecilnya digunakan sebagai kamar tidur. Biasanya disebut half room.

Baca Juga : Miliki Apartemen Terbaik di Alam Sutera dengan Cara Ini

4. Convertible

Apartemen tipe ini merupakan cara pemilik untuk menggabungkan kamar dan ruang tengah dan dibatasi dinding yang juga digunakan sebagai tempat menyimpan barang. Biasanya bagian tengah dinding ini diletakkan TV yang menjorok masuk ke dalam dinding dan TV tersebut bisa dibolak-balik untuk menghadap ke ruang tengah atau ke kamar tidur. Ruang tengah pun dapat diubah menjadi dapur sewaktu-waktu dengan mengubah meja kopi menjadi meja makan.

5. Junior 1 Bedroom

Ukurannya sedikit lebih besar dibandingkan studio. Jika studio seluruhnya tergabung menjadi satu, junior 1 masih memiliki sekat antara kamar tidur dan dapur.

6. Junior 4

Bukan berarti ada 4 buah kamar tidur, tapi interior apartemen ini melingkupi satu ruang tengah, satu buah dapur, satu buah kamar tidur, dan satu kamar tidur yang lebih sempit dan biasanya diubah menjadi ruangan lainnya seperti ruang kerja.

7. Two Bedroom

Ciri dari apartemen two bedroom yakni luas apartemen sedikit lebih besar dibandingkan junior 4, karena ada dua kamar tidur yang ukurannya sama besar, atau hanya berbeda sedikit. Lalu ada pula dapur dan ruang tengah.

8. Duplex dan Triplex

Pengertian apartemen tipe duplex dan triplex adalah unitnya yang memiliki tingkat, sehingga sekilas mirip rumah tinggal. Lantai kedua dan tiga hanya digunakan sebagai kamar.

9. Classic Six

Di Eropa dan AS, apartemen tipe ini dibangun di gedung yang sudah berusia tua namun masih sangat kokoh. Pengertian apartemen classic six sendiri bericirikan adanya tiga kamar tidur, ruangannya luas, serta dapurnya pun cukup besar. Lokasi apartemen ini cenderung berada di area yang populer, misalnya jika di New York, apartemen ini berada di Upper East Side.

10. Garden Apartemen

Pengertian apartemen tipe garden ada dua. Pertama, apartemen ini menghadap ke taman. Kedua, adalah tipe apartemen yang terletak di basement sehingga jendelanya lebih rendah dibandingkan pekarangannya.

Itulah pengertian apartemen beserta tipe-tipenya. Tertarik memiliki salah satu di antara mereka? Pilih hanya di Pacific Garden Style apartment!

Pengertian Apartemen dan Tipe-Tipenya

Related posts:

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *