Untung rugi investasi apartemen

Properti adalah salah satu item yang dapat menguntungkan dan dijadikan sebuah ladang bisnis karena harga tanah yang cenderung naik dari tahun ke tahunnya dan banyak masyarakat dinamis dan moderna yang lebih memilih bertempat di apartemen dibanding dengan tinggal di rumah, kontrakan atau kostan. Tingginya penjualan apartemen di Indonesia dikarenakan masyarakat menginginkan sesuatu yang praktis dan juga mudah. Contohnya saja banyak para pekerja yang lebih baik membeli atau menyewa apartemen yang dekat dengan tempat kerjanya agar tidak capek dalam perjalanan.

Namun bagaimana dengan investasi apartemen? Apakah cukup menguntungkan? Sebaiknya sebelum Anda melakukan investasi apartemen, Anda pelajari terlebih dahulu untung rugi investasi apartemen berikut ini.

Keuntungan Investasi Apartemen

1. Permintaan Tinggi

Tinggal di apartemen telah menjadi sebuah trend, gaya hidup dan alternatif tempat tinggal sehingga permintaan untuk pembangunan apartemen pun cenderung meningkat dari tahun ke tahunnya. Terbatas lahan untuk dijadikan hunian horizontal yang membuat banyak pengembang properti memanfaatkan lahan untuk membangun hunian vertikal seperti apartemen.

Permintaan yang tinggi untuk apartemen juga terjadi karena banyak yang menyukai apartemen yang memiliki lokasi strategis dan dekat dengan tempat yang sering dikunjungi.

2. Aset yang Likuid

Apartemen merupakan aset yang cenderung lebih likuid dibandingkan dengan rumah atau tanah. Aset likuid artinya aset yang dapat diubah ke dalam uang kontan dalam waktu yang relatif cepat dan pada nilai yang wajar. Selain itu, yang menjadikan apartemen sebagai investasi menarik ialah ketika Anda menawarkannya. Apartemen yang memiliki nilai baik dari segi lokasi, kualitas bangunan dan fasilitas dapat memberikan rental income di kisaran 7% hingga 10% per tahunnya.

3. Capital Gain Lancar

Tingkat hunian apartemen yang tinggi dan jarag sekali terjadi kekosongan para penyewa, maka investasi apartemen memiliki capital gain yang bisa memberikan keuntungan melebihi dari harga pembelian atau harga awal saat Anda membeli serta penghasilan sewa yang lancar dan baik.

Baca Juga : Inilah Daftar Apartemen Termahal di Indonesia

Kerugian Investasi Apartemen

1. Biaya Perawatan Rutin

Jika apartemen Anda tidak ada penyewannya maka Anda harus tetap membayar biaya rutin untuk perawatan (maintenance) dan service charge setiap bulannya. Biaya ini melingkup untuk biaya kebersihan, perbaikan dan keaman. Besarnya biaya juga berbeda tergantung dengan luas unit yang dimiliki.

2. Nilai yang Menyusut

Jika Anda memiliki apartemen yang tidak strategis maka nilai bangunan Anda bisa saja menyusut. Nilainya juga cukup besar yakni hampir sekitar 20% per tahun.

3. Manajemen Gedung Buruk

Hal yang bisa merugikan dalam investasi apartemen yaitu manajemen gedung yang buruk. Sehingga banyak apartemen di lokasi yang bagus menjadi kosong oleh para penyewa dikarenakan hal tersebut.

Itulah untung rugi investasi apartemen yang perlu Anda ketahui dan pahami terlebih dahulu sebelum membeli apartemen dan menjadikannya sebagai hak milik Anda. Untung rugi investasi apartemen bisa Anda waspadai dengan mendisuksikannya dengan orang yang ahli dan menguasai hal tersebut seperti konsultan. Untung rugi investasi apartemen merupakan hal biasa yang memang perlu dipelajari agar Anda bisa mendapatkan keuntungannya dan menghindari dari kerugian yang bisa terjadi.

Miliki apartemen yang dapat memberikan Anda keuntungan seperti apartemen dari PT Indopasifik Indahtama yang menyediakan 2 jenis apartemen yaitu Pasific Garden Style dan Pasific Garden Suites  yang berlokasi di Alam Sutera dan dekat dengan berbagai lokasi seperti mall, sekolah, rumah sakit dan lainnya. Cek sekarang juga informasi selengkapnya di www.indopasifik.id.

Inilah Untung dan Rugi Dari Investasi Apartemen

Related posts:

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *