apa itu apartemen

Adanya pertumbuhan penduduk yang kian meningkat mempengaruhi permintaan hunian yang semakin tinggi. Tapi sayangnya permintaan tersebut tidak dibarengi dengan ketersediaan lahan yang cukup. Untuk menyiasati ini pembangunan rumah bertipe minimalis kian gencar dilakukan karena faktor terbatasnya lahan. Hal ini ditambah dengan harga properti yang makin tinggi tiap tahunnya.

Apa Itu Apartemen? Memahami Pengertian Apartemen

Sebagai jalan keluar untuk memenuhi permintaan akan hunian, maka sekarang banyak perusahaan properti yang mengembangkan tipe hunian yakni apartemen. Apa itu apartemen? Pengertian apartemen sendiri berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki pengertian sebagai tempat tinggal yang terdiri dari ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan sebagainya yang berada pada satu lantai bangunan bertingkat yang besar dan mewah, dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, pusat kebugaran, toko, dan lainnya.

Istilah apartemen sebagai hunian dipakai pada beberapa negara di dunia seperti Amerika dan Irlandia. Tapi untuk beberapa negara seperti Inggris dan Singapura sering menyebutnya dengan kata flat. Walaupun ada perbedaan dalam penyebutan istilah rumah vertikal ini, tapi kedua istilah itu merujuk pada maksud yang sama yaitu model hunian yang hanya menempati sebagian bangunan saja, dan dalam bangunan apartemen itu terdiri dari beberapa unit.

Memang masyarakat Indonesia tidak terbiasa dengan model hunian vertikal seperti apartemen. Tapi jangan salah, perkembangan apartemen di Indonesia cukup signifikan. Tentunya perkembangan ini dipengaruhi oleh adanya arus globalisasi yang menjadikan hunian apartemen sebagai bentuk dari modernitas. Tidak hanya itu, adanya pergeseran gaya hidup yang semakin modern, otomatis mengubah pola hidup yang praktis, dinamis, mobile, dan bebas.

Jika diperhatikan, apartemen hampir sama dengan hunian seperti rumah susun (rusun) dan kondominium. Karena sama-sama merupakan bangunan gedung yang terdiri dari beberapa unit. Setelah mengetahui apa itu apartemen, yuk, cari tahu apa perbedaan dari ketiga tipe hunian ini lewat artikel Pacific Garden Style berikut ini!

Apa itu Apartemen, Kondominium, dan Rumah Susun? Apa Perbedaannya?

Perlu diketahui jika dilihat dari sisi ekonomi dan kepentingan bisnis, ketiga hunian ini berbeda. Kondominium lebih kepada tipe hunian kalangan atas. Harga per unitnya cukup tinggi. Maka tak heran jika orang yang berdompet tebal saja yang bisa membeli kondominium. Jika diperhatikan, dari segi harga apartemen juga cukup mahal dan terkadang bisa melebihi harga rumah tapak. Tapi apartemen harganya masih bisa terjangkau oleh orang kelas ekonomi menengah. Untuk rumah susun sendiri dipatok dengan harga yang jauh lebih murah daripada apartemen dan kondominium.

Bukan hanya dari sisi ekonomi saja, ketiga tipe hunian ini juga memiliki perbedaan dari sisi luas unitnya. Apartemen dan kondominium memiliki ukuran hunian yang lebih luas dibandingkan rumah susun. Dari segi fasilitas pun juga berbeda. Kondominium dan apartemen memiliki fasilitas yang lebih lengkap dan memadai dibandingkan rumah susun yang terbatas dan kurang memadai. Dari penjelasan di atas, sudah jelas jika apartemen dan kondominium merupakan hunian ekslusif dan mematok harga yang tinggi.

Bagaimana sudah tahukan pengertian apa itu apartemen, kondominium, dan rumah susun dan apa perbedaannya? Semoga informasi di atas bisa membantu Anda untuk lebih memahami ketiga hunian tersebut.

Baca Juga: Tips Memangkas Biaya Sewa Apartemen

Tidak Ada Salahnya Pilih Apartemen

Bagi masyarakat perkotaan yang mempunyai segudang aktivitas hal yang paling utama ketika mencari sebuah hunian adalah jarak tempat tinggal dari tempat bekerja. Hal ini karena masalah kemacetan yang selalu menghinggapi daerah perkotaan dan hal ini sangat mempersulit masyarakat yang ingin bekerja. Apartemen bisa menjadi solusi terbaik bagi masyarakat perkotaan yang tak mau dipusingkan dengan masalah kemacetan.

Apartemen  biasanya dibangun di lokasi stategis yang berdekatan dengan pusat kota dan tempat-tempat vital seperti pusat pendidikan, perbelanjaan, rumah sakit, dan lain-lain. Harga apartemen pun masih relatif terjangkau dibandingkan hunian kondominium.

Salah satu apartemen yang bisa menjadi rekomendasi Anda adalah apartemen yang dikembangkan oleh PT. Indopasifik Indahtama. Pengembang ini merupakan perusahaan properti yang bergerak pada apartemen yang berlokasi di Alam Sutera, Serpong, Tangerang. Memiliki dua jenis produk utama yaitu Pacific Garden Style dan Pacific Garden Suites. Pacific Garden Style letaknya dekat dengan berbagai tempat strategis seperti Mall Alam Sutera dan Binus University Alam Sutera. Kemudian, Anda hanya membutuhkan waktu 3 menit menuju IKEA, Living World, The Flavor Bliss Alam Sutera, Pasar Delapan, Omni Hospital, dan Hotel Mercure Alam Sutera. Fasilitas yang tersedia pada tipe ini antara lain parking lot, lobby, 24 hours security, fiber optic, gym, laundry, shops & minimarket, stylish garden, food & beverage center, swimming pool, dan lain-lain. Produk dari tipe ini adalah Loft A Soho, Loft B Soho, Optional 2 Bedroom A, Optional 2 Bedroom B, Studio A, dan Studio B.

Sementara Pacific Garden Suites letaknya juga sangat strategis bukan hanya dekat dengan Mall Alam Sutera dan IKEA saja, tapi juga Soekarno Hatta International Airport yang bisa ditempuh hanya 20 menit, 15 menit menuju Karawaci, Summarecon Mall Serpong, dan 30 menit menuju Semanggi. Fasilitas yang ada di Pacific Garden Suites yaitu club house with gym, private lobby, pick up laundry, minimarket, drugstore, dan coffee shop. Ada beberapa tipe produk yang bisa Anda pilih yaitu Suites apartment 2 bedroom, Royale Apartment 3 bedroom, Edelweiss, Freesia Townhouse 2 floor, Zalea, Bluebell, Clover Townhouse 3 floor, dan Sky Garden. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi situs resmi www.indopasifik.id.

Cari Tahu Arti dan Perbedaan Tiga Hunian Ini

Related posts:

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *