cara memilih pisau

Dalam memilih pisau yang bagus, sebenarnya tidak  sulit bila Anda tahu cara memilihnya supaya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Sekarang banyak bermacam-macam pisau  yang dijual di pasaran. Anda bisa membeli pisau di toko peralatan dapur. Pisau yang ada di pasaran biasanya memiliki  peganggan yang terbuat dari bahan kayu atau plastik. Jika terbuat dari plastik, pisau bisa bertahan lama. Untuk memilih pisau bukan hanya soal ketajamannya, peganggan pisau juga memiliki arti penting, pastikan peganggan pisau yang Anda pilih nyaman untuk digunakan. Berikut ini tips memilih pisau dapur yang perlu Anda ketahui:

Cara Memilih Pisau yang Baik

1. Bahan

Cara memilih pisau yang pertama adalah dengan memilih bahan pisau dari stainless steel yang dilengkapi perlindungan anti karat supaya tahan lebih lama.

2. Peganggan Pisau

Selain itu cara memilih pisau selanjutnya harus memperhatikan penggangan pisau yang nyaman untuk Anda pakai. Sebaiknya Anda memilih pisau yang pegangannya terbuat dari bahan kayu. Hal ini karena bertujuan agar tidak mudah lepas walaupun tangan dalam keadaan basah. Jika memang pengangan pisau  bukan berbahan kayu pilihlah dari bahan tekstur yang tidak licin.

3. Ujung Pisau Chopper/Sayuran

Pilihlah pisau yang model ujungnya runcing dan mata pisaunya sedikit melekuk keatas, nyaman digunakan saat chopping sayuran atau bawang. Chopping dilakukan dengan mengayunkan pisau naik turun bertumpu pada lekukan tersebut, atau saat mengiris bahan makanan menggunakan ujung pisau sambil ditekan di talenan dan digeser kebelakang, hasil potongan lebih cepat & rapi dengan ketebalan yang nyaris seragam. Pilih pisau yang cukup lebar dan tebal, karena bisa digunakan untuk memipihkan bawang.

Baca Juga : Dapur Ideal dengan Pencahayaan yang Tepat

4. Kelurusan

Cara memilih pisau yang terakhir, yang tak kalah penting adalah teliti melihat lurus tidaknya bilah pisau. Pisau yang bagus akan menghasilkan potongan lurus sesuai dengan arah tekanan. Pisau yang berkualitas jelek akan menghasilkan potongan yang miring. Cara melihat hasil potongan yakni peganglah pisau dengan posisi ujungnya lurus ke depan, intip tepat dari belakang gagang pisau. Bila ujung pisau tidak terlihat maka pisau benar-benar lurus, namun jika ujungnya atau bahkan bodinya terlihat, hasil potongannya akan miring.

Setelah mengetahui cara memilih pisau, ada baiknya Anda juga mengetahui bagaimana cara merawat pisau yang baik dan benar, berikut informasinya.

Cara Merawat Pisau

Diasah

Sebagus apapun pisau apabila tidak dirawat akan cepat rusak. Pisau daging akan lebih cepat tumpul dibandingkan dengan pisau sayur atau buah. Bila setiap hari dipakai dengan volume tinggi, pisau daging harus diasah tiap 2-3 hari sekali. Sedangkan untuk pisau sayur atau buah cukup diasah 2-3 minggu sekali. Anda bisa menggunakan batu asah atau besi baja untuk mengasah pisau agar terus tajam saat digunakan untuk memotong.

Menyimpan Pisau

Bila pisau tidak dgunakan dalam jangka waktu lama, setelah diasah dan dicuci bersih, pisau harus dilap hingga kering kemudian diolesi minyak goreng tipis. Bila minyka berlebihan, serap kelebihan minyak tersebut dengan tisu atau lap. Kemudian bungkus rapat bilah pisau dengan papertowel dan simpan di yang tempat aman. Untuk penyimpanan sehari-hari, pisau cukup dicuci bersih dengan air sabun setiap selesai dipakai dan segera keringkan dengan lap.

Demikianlah tips cara memilih pisau yang benar dari Pacific Garden Style. Semoga tips ini berguna untuk Anda  agar bisa memanfaatkan pisau  dengan baik saat memasak di dapur.

Begini 4 Cara Memilih Pisau yang Baik

Related posts:

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *