renovasi apartemen tanpa biaya

Biasanya setelah beberapa tahun, hunian baik rumah maupun apartemen memerlukan renovasi. Entah renovasi tersebut besar atau kecil. Untuk apartemen, melakukan renovasi atau merubah suatu apartemen bukanlah perkara mudah. Apalagi apartemen biasanya memiliki ruang yang sempit. Sehingga melakukan renovasi bisa menjadi tantangan tersendiri bagi penghuninya. Sebenarnya melakukan renovasi apartemen tidak melulu harus mengeluarkan uang dan tidak harus membeli barang-barang baru untuk merenovasi hunian vertikal Anda.

Berikut ini beberapa cara renovasi apartemen tanpa biaya yang bisa Anda ikuti, yaitu :

1. Mengajak Teman untuk Meneliti Ruangan Apartemen

Anda bisa mengajak orang luar yang jarang melihat interior apartemen Anda, seperti teman atau saudara. Dengan cara ini Anda bisa meminta pendapat dari orang luar tersebut untuk bisa memperoleh perspektif baru terkait dengan interior apartemen Anda, misalnya apa yang perlu dirubah dari ruangan yang ada di apartemen Anda.

2. Memindahkan Posisi Furnitur

Langkah mudah lainnya untuk renovasi apartemen tanpa biaya bisa dengan memindahkan posisi furnitur di apartemen Anda. Terkadang letak atau posisi furnitur yang sama dalam waktu lama, bisa membuat penghuninya bosan. Maka dari itu bila Anda memiliki waktu luang saat akhir pekan, Anda bisa memindahkan ulang posisi furnitur bersama dengan anggota keluarga. Cara renovasi apartemen tanpa biaya ini bisa membuat apartemen Anda terasa baru dan Anda tidak merasa bosan.

3. Update Barang-barang yang Dimiliki

Untuk melakukan renovasi apartemen tanpa biaya, Anda bisa meng-update barang yang ada di apartemen Anda. Misalnya saja bila Anda mempunyai bantal sofa dengan sarung yang itu-itu saja, Anda bisa berkreasi dengan mencoba membuat sarung bantal sendiri.

Baca Juga : Renovasi Apartemen Kecil dengan 5 Cara Ini

4. Memakai Bahan Bangunan “Bekas” yang Masih Layak Pakai

Mungkin saja Anda masih memiliki beberapa bahan bangunan bekas dari hasil renovasi sebelumnya yang tidak terpakai atau mungkin bahan tersebut masih layak digunakan tapi masuk dalam kategori bagian yang ikut direnovasi. Anda bisa memakai kembali bahan bangunan bekas yang bagus. Misalnya pintu, jendela, genteng, peralatan sanitasi, dan sebagainya. Anda bisa membuat bahan tersebut menjadi terlihat baru dengan mengecat ulang atau memolesnya menggunakan vernis atau politer. Anda bisa juga melakukan renovasi apartemen tanpa biaya dengan menggunakan marmer bekas (bila ada). Marmer tersebut jangan dibuang. Karena pecahan marmer tersebut bisa menjadikan bangunan atau interior apartemen Anda cantik. Tidak ada salahnya bila Anda memakai bahan bangunan bekas yang masih layak pakai, karena bukan hanya membuat Anda tak perlu mengeluarkan biaya, Anda bisa juga mengasah kreativitas Anda.

5. Memilah dan Memilih Barang yang Tidak Terpakai

Apartemen bisa terasa sesak dan sumpek bila keberadaan barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi menumpuk di apartemen Anda. Barang-barang ini bisa membuat ruangan apartemen berantakan.  Anda bisa menyiasati cara renovasi apartemen tanpa biaya dengan menjual, mendonasikan, atau memberikan barang-barang tersebut kepada  sanak saudara, teman, atau tetangga Anda. Dengan cara ini, apartemen bisa terlihat lebih segar dan bisa mendapatkan suasana baru.

6. Menaruh Ulang Barang di Gudang

Cobalah untuk melihat kondisi di dalam gudang apartemen Anda. Bila Anda sudah berhasil menyingkirkan barang-barang yang sudah tak terpakai lagi, Anda bisa meletakkan ulang barang-barang yang mungkin Anda butuhkan dari gudang.

Itu dia enam trik dari Pacific Garden Style untuk melakukan renovasi apartemen tanpa biaya. Dengan mengikuti tips ini, memungkinkan Anda tidak mengeluarkan biaya sama sekali dalam melakukan renovasi apartemen. Jadi biaya bukan lagi halangan untuk mempercantik hunian vertikal Anda, bukan?

6 Kiat Renovasi Apartemen Tanpa Biaya

Related posts:

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *